Monday, October 21, 2013

Kinematika dengan Analisis vektor


Berikut ini beberapa soal yang dipublish via twitter @IMe_Fisika dengan materi “Kinematika Dengan Analisis Vektor”, yang dipelajari adalah bagaimana mencari/menentukan vektor ataupun besar suatu besaran fisika yang berkaitan dengan kinematika, diantaranya posisi, kecepatan, dan percepatan. Nih disimak..

SOAL 1



Informasi yang diperoleh dari soal diatas adalah vektor posisinya, sedang kita diminta menentukan besarnya kecepatan rata-rata. Kecepatan rata-rata ini dapat ditentukan dengan perbandingan antara selisih posisi pada 2 waktu dengan selang waktu.



Substitusi masing-masing nilai waktu pada persamaan vektor posisi. Lalu, dilanjutkan dengan proses sebagai berikut:



SOAL 2



wahh ini setelah diperhatikan ada kata yang salah ketik ya. -____- seharusnya yang ditanyakan adalah kecepatan saat t = 2 s. okeh! catat! kecepatan yah

ini mudah, prinsipnya adalah r-v-a, ke kanan gunakan diferensial (turunan), ke kiri gunakan integral. Jadi, karena pada soal diatas diketahui percepatan a dan kita diminta untuk menentukan kecepatan v, kan jalannya ke kiri nih! maka gunakan integral. Apanya yang diintegral? coba lihat gambar ini:



dapet deh, hasilnya 5 m/s

SOAL 3



nah, soal yang ini diketahui kecepatan v ditanyakan posisi r, kalau dirujuk ke r-v-a jadi jalannya ke kiri nih berarti gunakan integral juga.



x pada penyelesaian diatas adalah vektor posisi ( saya gunakan x sebagai posisi, yaa posisi bisa apa aja x, y, atau r ). kalau udah ketemu vektor posisinya, lanjut ke proses berikutnya



jadi, kalimat posisi pada selang waktu tertentu itu bisa diasumsikan sebagai sebuah perpindahan makanya vektornya bisa dicari dengan selisih masing-masing vektor nya.

SOAL 4



yang ini agak panjang ya , jadi dari vektor posisi r kita diminta menentukan bagaimana sistem gerak yang dialami benda? koordinat awal, yaitu posisi saat benda belum bergerak (t = 0)? perpindahan dan kecepatan?



gambar diatas adalah proses 2 kali diferensial. kenapa 2 kali? dan kenapa didiferensialkan? tujuannya adalah menentukan berapa percepatan benda, karena kita tau vektor posisi maka jika diketahui posisi r dan ditanyakan kecepatan a harus 2 kali diferensial ( diferensial pertama kita peroleh kecepatan v, dan diferensial kedua kita dapat percepatan a).

dari hasilnya, ada angka -6 j untuk vektor percepatan. syarat benda mengalami GLBB adl jika benda tersebut mempunyai percepatan/perlambatan. nah, ada kan percepatannya. jadi pernyataan 1 benar.



ini untuk menentukan koordinat awal, diperoleh vektor -4i (-4 di sumbu x, dan 0 di sumbu y). pernyataan 2 benar.



pernyataan 3 benar.



pernyataan 4 juga benar. Jadi.. semuanya benar ya

sumber :http://istanamengajar.wordpress.com/2013/08/26/soal-dan-pembahasan-fisika-kelas-xi-kinematika-analisis-vektor/



Subscribe to Our Blog Updates!




Share this article!

No comments:

Post a Comment

=(*_*)------------------------(^_^)=
:::::|berkomentar dengan sopan adalah akhlak kemulian|:::::

Return to top of page
Powered ByBlogger | Design by PARMAN | Blogger Template by UKK As-Siraaj